Header Ads

Wujudkan HMI Go Digital, Puluhan Kader Ikuti Great Launching dan Training Reportase Media

Semarang-Himpunan Mahasiswa Islam Koordinator Komisariat Walisongo Semarang meluncurkan kegiatan “The Great Launching Traning Jurnaslistik Reportase Media” pada hari Selasa, 12 Febuari 2019 di gedung Graha Bina Insani. Acara tersebut digelar dengan tema sentral “Digitalisasi Organisasi: Upaya HMI Menjawab Tantangan Milenial”. Agenda ini merupakan launching resmi website Korkom Walisongo dan komisariat-komisariat di lingkup Korkom Walisongo sekaligus pelatihan penulisan berita.
Para kader antusia mengikuti training
Riayatull Millah, salah satu kader HMI Komisariat FITK, mengungkapkan rasa senang tatkala mengikuti acara itu.
“Kegiatan semacam ini harus terus disemarakkan demi menjawab tantangan dunia baru yang menuntut seluruh kader untuk bisa ikut andil di dunia yang serba digital,” ucapnya.
Sementara itu, Yus Yunus, perwakilan panitia pelaksana agenda training, memberikan sambutan pada acara pembukaan.
“Apalagi kita tahu literasi bangsa ini berada di posisi bawah dari 62 negara. Oleh karena itu, saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan wadah kader-kader muda HMI untuk meningkatkan peringkat bangsa Indonesia dalam bidang literasi,” ungkapnya.
Agenda ini menghadirkan pemateri yang namanya sudah tak asing lagi di dunia jurnalistik, Kanda Mokhamad Abdul Aziz, Sos. I, M. Sos.. Ia merupakan alumnus Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Walisongo Semarang. Karya-karyanya yang berupa opini sudah banyak dimuat di surat kabar lokal maupun nasional. Ia juga sudah berhasil menerbitkan beberapa buah buka hasil karyanya.
Foto bersama kader, ketua umum, dan pemateri
Menurut Kanda Aziz, kader-kader HMI seringkali mengadakan diskusi yang menggunakan term millenial. Akan tetapi, aktivitasnya jauh dari ciri pelaku millenial. Perilaku millenial ditandai dengan selalu up to date terhadap informasi-informasi. Selama ini kader-kader masih menjadi konsumen media massa dan sosial. Maka, menurutnya harus ada perubahan di tubuh HMI dengan meningkat menjadi produsen media massa.
Diawali dengan acara pembukaan secara seremonial, acara dilanjutkan dengan training penulisan berita yang dipandu langsung oleh moderator, Kanda Ihsan Hanafi. Pada sesi ini, kader-kader yang hadir praktek langsung menulis berita. Pemateri memberikan arahan dan koreksi ketika ada kalimat maupun tanda baca yang kurang tepat dari berita yang ditulis oleh para kader.
Kegiatan itu dihadiri puluhan kader HMI Korkom Walisongo. Semua peserta kegiatan antusias dalam mengikuti kegiatan. Dengan sabar dan tekun, mereka mengikuti arahan pemateri hingga akhirnya menghasilkan satu tulisan sebagai bukti keseriusan dalam mengikuti kegiatan tersebut.
Kehangatan suasana makan siang bersama
Seusai praktek menulis berita, para kader sholat dzuhur lalu makan siang bersama. Seusai makan siang, tetap dilanjutkan dengan sharing-sharing penulisan berita bersama pemateri. Keseruan acara tak hanya berakhir disitu. Launching dilakukan secara simbolik dengan pemotongan pita oleh Tri Adi Nurhadi, Sekretaris Umum HMI Korkom Walisongo. Tak lupa, ada pemotongan kue oleh Kanda Mokhamad Abdul Aziz dan dibagikan kepada semua ketua umum komisariat lingkup Walisongo serta para kader yang hadir.

Seusai acara, para kader terlihat lelah namun tetap bahagia karena diakhiri dengan sesi foto bersama kader, ketua umum, dan pemateri. (rep: Purhan)

No comments

Powered by Blogger.